Bakamla RI dan Japan Coast Guard Gelar Latihan Maritime Law Enforcement
10 July 2024 Penulis : Humas Bakamla RI
WhatsApp_Image_2024-07-10_at_09.29.02_(1)_.jpeg

Jakarta , 9 Juli 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) --- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H.,M.Tr.Opsla., yang diwakilkan oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Ermawan Susilo, S.E., M.Si., membuka Latihan Terkoordinasi Maritime Law Enforcement (MLE) Tahun 2024 di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (9/7/2024)

 

Keberhasilan kegiatan ini merupakan buah manis dari hubungan kerja sama yang baik antara Bakamla RI, Japan Coast Guard (JCG), dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

 

Pelatihan yang berlangsung hingga Kamis (11/7),  turut menghadirkan instruktur dari JCG. Materi pelatihan meliputi manajemen operasi, cara meningkatkan kemampuan untuk menanggapi insiden di laut, dan melaksanakan skenario table top exercise (TTX) terkait simulasi investigasi kriminal termasuk sidik jari.

 

"Kegiatan ini menjadi adalah satu upaya untuk mempererat kerja sama dan mendapatkan perspektif serta pemahaman yang sama terhadap penerapan konvensi hukum laut internasional," ujar Laksma Bakamla Ermawan.

 

Kerja sama antara Bakamla RI dan JCG dalam latihan ini menunjukkan komitmen kedua negara dalam menjaga keamanan laut dan melawan aktivitas ilegal, khususnya di kawasan.

 

Kurang lebih sebanyak 40 peserta yang berasal dari berbagai instansi seperti Bakamla RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Basarnas, Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI, serta Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan, mengikuti pelatihan MLE Tahun 2024 baik secara luring maupun daring.

 

Diharapkan para peserta dapat menambah kemampuan dan meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut, serta dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara Bakamla RI dengan JCG di masa depan.

 

Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd

Foto-foto : Humas Bakamla RI

Entri ini telah dilihat 161 kali.